Artikel Tebaru :

Tambah kapasitas memori tanpa beli RAM


@nda sering menjalankan banyak aplikasi sesecara bersamaan ? Jika ya, hal tersebut dapat menyebabkan komputer menjadi kehabisan memory. kita sering mendapati komputer apabila kapasitas memory yang tersedia tinggal sedikit, hal ini sering disebut dengan Low Memory.

Menambah memory RAM pada komputer merupakan solusi yang baik tapi agak ribet selain harus membongkar CPU anda juga tentunya harus mengeluarkan biaya untuk membeli hardware tersebut.Nah pada kesempatan kali ini saya akan share  alternative lain yang dapat kita lakukan yaitu dengan membuat Virtual Memory.

Ini merupakan salah satu teknik dimana system operasi akan meng-alokasikan sebagian hardisk untuk menjadi memory tambahan pada komputer. alokasi dari sebagian isi hardisk tersebut dinamakan Paging File.


Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Virtual Memory pada Komputer:
  • Klik Start --> pilih Control Panel --> pilih System, sampai muncul kotak dialog "System Properties"
  • Pilih Tab "Advance" kemudian pada box "Performance", klik setting ulang sampai muncul kotak dialog "Performance Options"
  • Kemudian pada box "Viritual Memory" yang akan kita buat, maka akan muncul daftar partisi hardisk pada komputer anda.
  • Kemudian pilihlah drive yang berbeda dengan lokasi drive system anda. Kemudian klik pada “Custom Size”.
  • Terus Isikan nilai pada Initial Size dan pada Maximum Size dalam MB. Sebagai catatan, untuk nilai Initial Size, kapasitas RAM dikali 1,5. Sedangkan untuk nilai Maximum size, kapasitas RAM dikalikan 3.
  • Pastikan masih ada free space pada hardisk untuk menampung pada Virtual Memory yang telah kita buat tersebut.
  • Klik OK dan selesai
  • Selamat mencoba dan smoga komputer anda dapat memberikan ferformance yang lebih baik dari sebelumnya setelah kita meng-edit Virtual Memory.
Sekian artikel saya pada kesempatan kali ini semoga artikel ini dapat berguna bagi sobat semua. Bagi Sobat ST Lovers yang ingin bergabung di ST Community silahkan bergabung DISINI. Jika sobat menyukai artikel-artikel di SuryaTech dan berniat untuk berlangganan silahkan Follow di Form "Member" yang ada di sebelah kiri artikel. Bila ada pertanyaan atau tanggapan silahkan isi form komentar dibawah ini. InsyaAllah saya akan menjawab secepatnya. Terimakasih... 

Baca Juga Artikel Yang Berkait:

Share this Article on :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

..menarik gan, ijin copas nanti d bwah artikel tak cantumin link agan . . !

Posting Komentar

Silahkan luangkan waktu anda untuk memberikan Sedikit Komentar Buat Kemajuan BLOG ini.. Setetes Komentar anda sangat berarti buat saya. Kalau Anda suka dengan Content di blog ini, Please Like / FOLLOW Blog ini Lewat FB, Google Friend Connect atau Twitter. Terima kasih..

 

© Copyright SURYA-TECH 2010 -2012 | Design by Herdiansyah | Editor by Surya Pratama | Powered by Blogger.com.